ANALISIS KINERJA UTILITAS LAPANGAN PENUMPUKAN DEPO PETI KEMAS: STUDI KASUS PT XYZ

Main Article Content

Dina Rensa
Gita Kurnia

Abstract

Yard Occupancy Ratio (YOR) telah umum dijadikan salah satu indikator kinerja lapangan penumpukan di pelabuhan maupun depo peti kemas. Nilai YOR yang baik berkisar pada 65%. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan depo peti kemas di sekitar Pelabuhan Panjang. Berdasarkan hasil observasi, perusahaan belum pernah menghitung kinerja YOR pada lapangan penumpukannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis kinerja utilitas lapangan penumpukan depo peti kemas pada PT XYZ dan memberikan rekomendasi perbaikan. Peramalan arus impor dan ekspor peti kemas dilakukan untuk memprediksi perkiraan YOR pada bulan Juni hingga Desember 2021 dengan menggunakan metode seasonal. Berdasarkan data historis dari bulan Januari 2019 hingga Mei 2021 dan hasil peramalan, didapatkan bahwa nilai YOR rata-rata pada lapangan penumpukan depo adalah sebesar 28,8%. Nilai ini mencerminkan bahwa kinerja depo peti kemas tergolong kategori kurang baik dan berada jauh di bawah asumsi standar YOR yang ditentukan (65%). Upaya perbaikan yang direkomendasikan oleh penelitian ini adalah penetapan harga jasa yang kompetitif, pemberian layanan yang cepat dan fasilitas yang memadai, dan perlunya pengadaan tenaga ahli bongkar muat yang terampil.

Article Details

How to Cite
Rensa, D., & Kurnia, G. (2022). ANALISIS KINERJA UTILITAS LAPANGAN PENUMPUKAN DEPO PETI KEMAS: STUDI KASUS PT XYZ. JURNAL TEKNOLOGIA, 5(1). Retrieved from https://aperti.e-journal.id/teknologia/article/view/120
Section
Articles

References

[1] Kementerian Perhubungan (2011). Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.002/38/13/18/DJPL tentang Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan.
[2] S. Rafi and B. J. J. M. B. T. D. L. Purwanto, "Dwelling Time Management (Antara Harapan dan Kenyataan Di Indonesia)," vol. 2, no. 2, pp. 220-228, 2016.
[3] H. M. Pakpahan, "Evaluasi Kinerja Yard Occupancy Ratio (YOR) Pelabuhan Tenau, Kupang," ReTII, pp. 449~ 456-449~ 456, 2019.
[4] Menteri Perhubungan. (2016). Penyelenggaraan dan Pengusahaan Depo Peti Kemas Available: https://www.bkpm.go.id/images/uploads/prosedur_investasi/file_upload/Permenhub_PM.83_2016.pdf
[5] S. Nahmias and T. Olsen, Production and Operations Analysis: Strategy, Quality, Analytics, Application. Waveland Press, Incorporated, 2015. Available at: https://books.google.co.id/books?id=wiYYrgEACAAJ
[6] R. Sitepu et al., "Penggunaan Metode Deseasonalized untuk Meramalkan Jumlah Pengunjung Objek Wisata Danau Ranau, Sumatera Selatan," Jurnal Penelitian Sains, p. 16, 2013.
[7] "Kamus Key Performance Indicators (KPI) Cabang/UPP," 2016.
[8] A. Pamungkas et al., "Strategi Kualitas Pelayanan Bongkar Muat Peti Kemas Empty Di Depo Armaco Semarang," Dinamika Bahari, pp. 1(2), 104-109, 2020.