Mengoptimalkan Posisi Robot Dalam Sistem Visible Light Communication (VLC) Menggunakan Metode Particle Swarm Optimization (PSO)

Main Article Content

Jonathansori Panuturan
Panji Rendika
Herminarto Nugroho

Abstract

Visible Light Communication (VLC) merupakan cara untuk berkomunikasi lewat data seperti mengirim atau menerima sinyal dengan cahaya. Pada penelitian kali ini, dilakukan proses optimasi VLC untuk aplikasi yang menentukan posisi dari robot di permukaan tanah. Robot ini dilengkapi fotodioda pada bagian atas yang berfungsi untuk mengukur kekuatan sinyal yang diterima. Optimasi pada aplikasi dilakukan dengan cara Particle Swarm Optimization (PSO) yang ditujukan untuk radius robot supaya nilai sinyal yang diterima sama atau mendekati dari nilai sinyal yang diterima secara teoritis. Metode PSO dipilih karena memiliki algoritma dan perhitungan yang sangat sederhana untuk mendapatkan tingkat optimasi yang lebih tinggi dibandingkan metode lainnya.

Article Details

How to Cite
Panuturan, J., Rendika, P., & Nugroho, H. (2020). Mengoptimalkan Posisi Robot Dalam Sistem Visible Light Communication (VLC) Menggunakan Metode Particle Swarm Optimization (PSO). JURNAL TEKNOLOGIA, 2(2). Retrieved from https://aperti.e-journal.id/teknologia/article/view/38
Section
Articles