IMPLEMENTASI SISTEM PERENCANAAN SUMBER DAYA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK SUMBER TERBUKA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH

Main Article Content

Meredita Susanty
Shelvy Intan Soraya
Erwin Setiawan

Abstract

Shesil Clothing merupakan online shop yang menjual pakaian hasil produksi sendiri. Ada dua sistem penjualan yang terjadi yaitu ready stock dan pre-order. Tidak akuratnya pencatatan penjualan dan pencatatan data pembelian bahan baku produksi menyebabkan keuntungan online shop tidak diketahui. Dengan adanya sistem terotomasi dapat meningkatkan keakuratan kedua data tersebut. Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) merupakan suatu perangkat lunak yang biasa digunakan oleh suatu perusahaan yang bertujuan untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasi informasi pada setiap area bisnis. Pada penelitian ini digunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) model waterfall dari tahapan requirement gathering sampai dengan testing. Hasil penelitian membuktikan penggunaan modul sales dan accounting ERP pada Shesil Clothing dapat membantu meningkatkan akurasi data penjualan dan data modal yang dikeluarkan. Selain itu dapat membantu mengetahui keuntungan dengan adanya laporan keuangan.

Article Details

How to Cite
Susanty, M., Soraya, S., & Setiawan, E. (2021). IMPLEMENTASI SISTEM PERENCANAAN SUMBER DAYA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK SUMBER TERBUKA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH. JURNAL TEKNOLOGIA, 4(1). Retrieved from https://aperti.e-journal.id/teknologia/article/view/94
Section
Articles

References

[1] I. Sommerville, Software Engineering Tenth Edition. Pearson, 2016.
[2] Sugiyono, Metode Penellitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta, 2015.
[3] C. Larman, Applying UML and Patterns: An Introduction to Object-Oriented Analysis and Design and Iterative Development, 3rd ed. Pearson, 2004.
[4] R. S. Pressman and B. Maxim, Software Engineering: A Practitioner’s Approach 8th Edition. McGraw-Hill Education, 2014.
[5] C. H. Kepner and B. B. Tregoe, The New Rational Manager: An Updated Edition for a New World. Princeton Research Press, 1997.
[6] J. Tian, Software quality engineering : Testing, quality assurance, and quantifiable improvement. Wiley, 2005.