IMPLEMENTASI SISTEM PERENCANAAN SUMBER DAYA PERUSAHAAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN ACCELERATED SAP

Main Article Content

Farah Mardiana
Erwin Setiawan
Meredita Susanty

Abstract

Shesil Clothing merupakan suatu online shop yang bergerak di bidang fashion dan membuat produk sendiri mulai dari bahan mentah hingga barang jadi. Shesil Clothing terdiri dari beberapa bagian salah satunya adalah bagian pengadaan dan persediaan.Tidak terstruknya proses bisnis dan tidak terdokumentasi pada bagian pengadaan dan persediaan menyebabkan beberapa masalah seperti detail bahan, laporan bahan di gudang, penjadwalan pembelian dan pencatatan pembelian bahan produksi. Penelitian ini mengusulkan rancangan sistem yang dapat menyelesaikan masalah pengadaan dan persediaan dengan menerapkan metode Accelerated SAP (ASAP). Metode ASAP adalah panduan yang dilakukan untuk penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) pada perusahaan yang dikeluarkan oleh SAP yang terdiri dari project preparation, business blueprint, realization, final preparation, dan go live and support. Penerapan sistem ERP untuk permasalahan Shesil Clothing pada pengadaan dan persedian dapat terselesaikan

Article Details

How to Cite
Mardiana, F., Setiawan, E., & Susanty, M. (2021). IMPLEMENTASI SISTEM PERENCANAAN SUMBER DAYA PERUSAHAAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN ACCELERATED SAP. JURNAL TEKNOLOGIA, 4(1). Retrieved from https://aperti.e-journal.id/teknologia/article/view/96
Section
Articles

References

[1] L. Y. Siregar and M. I. P. Nasution, “Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 02, no. 01, pp. 71–75, 2020.
[2] S. S. Utami, “PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERKEMBANGAN BISNIS,” J. Akunt. dan Sist. Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, Aug. 2012.
[3] S. Supriyono and S. Sutiah, “Pengembangan manajemen proyek pembelajaran berbasis ICT menggunakan metode accelerated SAP pada Odoo ERP,” in Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 2019.
[4] T. H. Sirait et al., “Pemanfaatan Accelerated Sap ( ASAP ) Pada Implementasi Sistem ERP di UKM,” in Konferensi Nasional Sistem Informasi, 2015, pp. 612–617.
[5] A. Terminanto and A. N. Hidayanto, “Identifying characteristics and configurations in open source ERP in accounting using ASAP: A case study on SME,” Proc. - 2017 Int. Conf. Soft Comput. Intell. Syst. Inf. Technol. Build. Intell. Through IOT Big Data, ICSIIT 2017, vol. 2018-January, pp. 227–232, Jul. 2017.
[6] I. Sommerville, Software Engineering Tenth Edition. Pearson, 2016.
[7] J. Tian, Software quality engineering : Testing, quality assurance, and quantifiable improvement. Wiley, 2005.